Kamis, 06 Oktober 2016

Modern Distribution Channel



 MODERN DISTRIBUTION CHANNEL


Ø  Cara baru
Ø  Pelayanan yang bagus
Ø  Kualitas barang yang bagus
Ø  Nilai tambah

A.    Ciri-cirinya:
      Harga sudah tertera dan diberi barcode
      Barang yang dijual bersifat heterogen
      Barang yang dijual tahan lama
       Lokasinya nyaman dan bersih
       Letak barangnya rapih
       Pembayaran dilakukan di cashier

B.     Jenis-jenis pasar modern:
  1. Minimarket:
                     i.            Kebutuhan sehari-hari
                     ii.            Ukuran toko kecil (100m2 – 999m2)
                    iii.            Toko klontong yang modern
                    iv.            Menerapkan sistem pelayanan mandiri

       2. Supermarket:
                       i.            Memiliki tempat parkir
                     ii.            Ukuran toko medium (1.000m2 – 4.999m2)
                   iii.            Produk lengkap dan beragam

             3. Hypermarket:
                       i.            Memiliki tempat parkir
                     ii.            Produk lengkap dan beragam
                    iii.            Fasilitas lengkap
                    iv.            Large sized store (>5.000m2)

                           4. Convenince store:
                       i.            Hanya menjual makanan dan minuman siap saji
                     ii.            Buka 24 jam
                    iii.            Fasilitas tempat tunggu yang nyaman
                    iv.            Convenience store dapat ditemukan ditempat ramai, pengisian bahan bakar dan tempat publik lainnya.

        5. Department Store:
                        i.         Produk lengkap dan beragam
                      ii.         Biasanya tidak menjual makanan atau minuman


C.     Cara Promosikan Barang
  • Menggunakan katalog
  • SPG/SPB
  • Website resmi

D.    Dampak Positif Modern Distribusi
·         Meningkatkan kepuasan pelanggan
·         Membuka peluang pekerjaan yang besar/menyerap tenaga kerja
·         Memudahkan pelanggan membeli kebutuhan sehari-hari
·         Memberikan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja
·         Meningkatkan PDB/GDP


E.     Dampak Negatif Modern Distribusi
·         Mengancam keberadaan pasar tradisional
·         Mengancam keberadaan sektor mikro
·         Adanya kesenjangan sosial
·         Investasi asing dalam pasar modern dapat mengurangi devisa 


F.    KESIMPULAN
           Saluran distribusi modern adalah langkah baru untuk menyalurkan barang  ke konsumer menggunakan perantara pedagang eceran yang modern seperti minimarket,supermarket,hypermarket,dept. store,dan convenience store.
           Pemerintah harus membuat regulasi sehingga pasar tradisional tidak tersaingi dengan adanya pasar modern. Dan bagi warga masyarakat harus lebih kritis dalam menghadapi modernisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar